Teknik menghilangkan pengulangan kata yang berlebih

Tips Menulis: ditulis oleh Isa Alamsyah untuk KBM (Komunitas Bisa Menulis) Salah satu kelemahan penulis yang paling banyak ditemukan adalah ...

Tips Menulis:
ditulis oleh Isa Alamsyah untuk KBM (Komunitas Bisa Menulis)

Salah satu kelemahan penulis yang paling banyak ditemukan adalah pengulangan kata yang berlebih terutama kata ganti orang pertama.
Dalam workshop menulis 'Asma Nadia" kami sering menyebutnya serangan 'aku."
Kadang dalam satu paragraf ada yang menulis aku sampai 7 - 8 kali, padahal 1-3 aku saja sudah cukup.
Lalu bagaimana mengatasinya?
Prinsip paling sederhana yang perlu diingat adalah, ketika kita memulai satu kalimat utama dengan aku, maka seluruh hal terkait yang ada dalam paragraf tersebut mengacu pada si aku. Karena itu berbagai aktivitas yang ditulis di paragraf tersebut dilakukan oleh si aku tanpa kita tulis sekalipun.

Misalnya:
Aku bingung. Apakah aku harus pergi sekarang. Atau aku harus pergi nanti. Kepada siapa aku harus bertanya?
=
Perhatikan, pada paragraf di atas ada ada 4 kata aku.
Bisa kita kurangi sampai berapa?

Ini yang bisa kita lakukan
Aku bingung. Apakah harus pergi sekarang atau nanti. Kepada siapa harus bertanya? (kata aku hilang tiga kata pergi hilang 1)
Sekalipun 3 kata aku dibuang tidak akan mengurangi informasi kalimat karena kata aku di awal paragraf cukup mewakili semua kata kerja yang ada di kalimat berikutnya sekalipun tanpa subyek aku.

Jadi dengan menghilangkan subyek aku kalimat kita jadi efektif. Dalam kepenulisan kita tidak selalu harus memenuhi syarat SPOK (Subyek Predikat Obyek Keterangan). Bahkan seringkali tulisan lebih menarik jika subyek dihilangkan seperti contoh di atas.

Selamat mencoba

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Teknik menghilangkan pengulangan kata yang berlebih
Teknik menghilangkan pengulangan kata yang berlebih
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2013/10/teknik-menghilangkan-pengulangan-kata.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2013/10/teknik-menghilangkan-pengulangan-kata.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy