Yang Kamu Mau, Mereka Juga Mau

Oleh: Isa Alamsyah Yang Kamu Mau, Mereka Juga Mau! Kalau ada pepatah yang tepat untuk mengembangkan diri atau mengembangkan bisnis at...

Oleh: Isa Alamsyah

Yang Kamu Mau, Mereka Juga Mau!
Kalau ada pepatah yang tepat untuk mengembangkan diri atau mengembangkan bisnis atau mengembangkan KBM maka "Put your self in their shoes" mungkin ini adalah pesan yang tepat.
Secara harfiah berarti "Tempatkan dirimu di sepatu mereka" tapi makna dalam pepatah ini adalah "Posisikan dirimu jika jadi mereka."
Misalnya kamu mau bisnis restoran, maka posisikan diri kamu jadi konsumen. Kalau sebagai pelanggan restoran, kamu gak mau makan makanan basi, makanan gak enak, makanan terlalu keras maka orang lain juga sama, jadi kalau mau sukses di bisnis restoran jangan sediakan makanan basi, makanan keras dan makanan gak enak.
Begitu juga ketika membuat tulisan. Kamu gak suka buku atau tulisan yang kalau kamu baca gak ada hal yang menarik, tulisan pakai singkatan bahasa lebay, kalimat bertele-tele, bikin pusing, tidak menghibur, tidak memberi pengetahuan baru, dan berbagai hal lain yang tidak kamu suka. Orang lain juga sama. Makanya kalau menulis buku atau artikel jangan melakukan yang kamu tidak sukai dari tulisan orang lain.
Itu namanaya "memposisikan dirimu seperti orang lain".

Sama juga ketika kamu mengupload naskah di KBM, kamu berharap di-like, dikomentari, dikritisi, semua juga mau begitu. Karena itu kamu juga harus aktif meng-like (arti meng-like itu bisa variatif: aku suka, aku sudah baca, aku hargai tulisanmu, tetap semangat ya, kurang bagus tapi aku hargai usahamu, pokoknya sesuatu yang positif). Kamu juga harus menyempatkan mengomentari sekadar ok, bagus atau apapun. Kamu pasti suka kalau ada yang memperlakukan tulisanmu seperti itu dan orang lain juga suka kalau kamu begitu ke tulisan mereka. 

Kadang ada member KBM yang kok gak dikritik sih, komentarnya mana, tapi dia tidak mengkritisi tulisan orang lain juga, itu namanya dia "hanya peduli dirinya dan tidak memposisikan orang lain dalam posisi yang sama".
Padahal kalau kita komen tulisan orang kita bisa mengundang juga, komentari tulisanku juga ya.

Nah KBM sekarang ada lebih dari 15.000 orang jadi gak mungkin group ini hidup hanya dari segelintir koemntator, kita butuh dukungan semua. Tidak perlu ahli untuk jadi komentator, gak ngerti bilang aja gak ngerti. Ngak ngerti bukan berarti kita bodoh, bisa jadi si penulis yang kurang bagus mengungkapkan tulisannya.
Apalagi sekedar like. Lhat lewati kasih like like like dulu - sangat simple, tapi mungkin bisa mengubah hidup seorang dan mebangkitkan impian seseorang.

Yang lebih penting, jika kita sekedar meng-like, semua  pasti ada hitungannya di mata Allah. Bukankah Ia berjanji amal sebesar bi zahra pun ada hitungannya?

(Tulisan ini saya buat sekitar 5-7 menit ketika ide muncul (15 menit jika plus edit), jadi kalau ide muncul dan kita bergairah langsung saja tulis, nanti ide ide lain akan masuk ke kepala. Keterangan ini saya sampaikan sekedar bahan pembelajaran menulis cepat. Sambil nulis mikir judul apa yang temting ya? Endingnya dikemanain ya? Jadi proses berjalan sendiri sambil mengetik. Semoga bermanfaat)

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,69,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,22,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Web Apps,1,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Yang Kamu Mau, Mereka Juga Mau
Yang Kamu Mau, Mereka Juga Mau
Dedi Padiku
https://www.dedipadiku.com/2013/10/yang-kamu-mau-mereka-juga-mau.html
https://www.dedipadiku.com/
https://www.dedipadiku.com/
https://www.dedipadiku.com/2013/10/yang-kamu-mau-mereka-juga-mau.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy