BAGAIMANA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CEPAT

Oleh: Isa Alamsyah Latihan Pertama   Simple seperti latihan sebelumnya. Mencoba menulis cepat sampai 60 kata dalam 1 menit. Ini hanya...

Oleh: Isa Alamsyah

Latihan Pertama
 Simple seperti latihan sebelumnya. Mencoba menulis cepat sampai 60 kata dalam 1 menit. Ini hanya bisa tercapai kalau tidak ada jeda, tidak ada waktu berhenti berpikir 'terus apa ya" "habis itu gimana ya".
Jeda itu bisa mengurangi waktu 2 - 5 atau bahkan 10 detik. Tujuan latihan ini adalah memacu otak berpikir cepat. Gak mesti bisa ngetik 10 jari untuk menulis cepat, saya aja pakai 11 jari (dua jari telunjuk), atau pakai tulisan tangan juga boleh, kalau hape yang pakai key pad boleh tapi yang touch screen kurang mendukung.
Kalau belum tercapai 60 kata per 1 menit, ulang lagi ulang lagi.
Pada latihan ini tema terserah isi terserah, karena memang yang dihitung kuantitas bukan kualitas dulu. (kaulitas nanti pas editing)Pada level ini tulisan boleh selesai boleh tidak.
Yang penting jangan selesai sebelum waktu habis, jangan cepat puas selama masih ada waktu.


Latihan kedua. 
Mulai menulis sesuatu yang lebih menantang, sesuatu yang inspiratif sesuatu yang seperti karya lengkap. Usahakan tulisannya selesai jadi kalau dibaca sudah tamat (lewat-lewat dikit waktunya gak apa)
Kejar 160 kata dalam 1 menit. (Cara menghitung kata di copas saja ke microsoft word lalau klik tab review cari icon word count - hitung kata)

Latihan Ketiga
Mulai tingkatkan waktunya, tadinya menulis 1 menit 60 kata, lalu tantang diri kita bisa gak 2 menit konsisten 120 kata. Lalu tingkatkan 3 menit, 4 menit dan seterusnya. Apakah kita konsisten.
Kecendrungannya menurun menit pertama 69 kata menit kedua 50 kata menit ketiga 40 kata lalu turun naik atau atau stabil di situ. Tapi kalau dilatih terus kita bisa konsisten.

Kalau konsisten dalam jangka 5 -10 menit kamu bisa menulis menyelesaikan artikel atau tulisan yang selesai bahkan layak terbit.

(Tulisan di atas selesai 4 menit - dari 1.48 - 1.52 selesai - dan masih ada hambatan sedikit - hasil awalnya ada sekitar 192 kata artinya rata-rata satu menit sekitar 50 kata - memang ada kecendrungan menurun - inipun sudah termasuk cepat) 

Tips Menulis cepat
Proses menulis tidak harus di depan komputer. Biarkan dulu mengendap di pikiran.
Kita sudah bisa menyusun kata kata di pikiran dulu, memilih opening ending dalam pikiran.
Itu bisa dilakukan bahkan sambil duduk di angkot atau berdiri di antrian.
Tapi begitu di depan komputer langsung semua yang kita pikirkan dilepas.
Hasilnay cepat selesai.
Kadang saya ada tugas menulis artikel saya biarkan mengendap dipikiran dari pagi sambil kerja mikir sambil main bola mikir pas malam ada waktu dalam beberapa menit selesai, karena pengendapan sudah dilakukan.


Manfaat menulsi cepat
1. Melatih otak berpikir cepat (memaksimalkan kemampuan otak) 
2. mengembangkan reflek berpikir otak (selama ini otak dilatih memorinya tapi tidak refleks berpikir - bener loh otak juga punya refleks.
3. Bisa menyelesaikan tugas kepenulisan dalam waktu singkat (makanya saya atau Asma Nadia bisa menyelesaikan novel, Resonansi, cerpen, artikel di majalah dalam waktu perode bersamaan)
4. Menghilangkan stress, dengan cara memberi stress tambahan yang positif (ini joke tapi asli bisa begtu). Kadang karena kita fokus menulis yang lain terlupakan

Selamat mencoba lagi, tapi kali ini coba sendiri saja kalau mau coba yang semenit bisa di artikel yang lama bukan di sini.

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: BAGAIMANA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CEPAT
BAGAIMANA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CEPAT
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2014/04/bagaimana-meningkatkan-kemampuan.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2014/04/bagaimana-meningkatkan-kemampuan.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy