Tips Menulis : Posting dan Kirim Naskah Sebaik Yang Kamu Bisa

Isa Alamsyah  Ada anggota KBM yang posting asal-asalan huruf disingkat, mengabaikan huruf besar tanda petik dan alinea. Jika mereka...

Isa Alamsyah 

Ada anggota KBM yang posting asal-asalan huruf disingkat, mengabaikan huruf besar tanda petik dan alinea.

Jika mereka melakukan kesalahan karena tidak mengetahui itu tentu saja bisa dimaklumi, justru itu tujuan grup ini dibuat, tapi kalau kesalahan tulis itu dilakukan hanya karena menghemat waktu ketika membuat tulisan, sekedar buru buru posting tentu saja itu tidak bisa dimaafkan.

Kenapa?Alasan pertama mudahnya keterbacaan

Di artikel sebelumnya pernah dibahas betapa pentingnya tanda, spasi dan huruf besar kecil, titik koma, untuk mempermudah keterbacaan.

Sekedar mengingatkan coba baca tulisan dibawah ini.

kamubisabacatulisanini denganmudah?lebihmudahterpisahataunempell?

Bandingkan:

Kamu bisa baca tulisan ini dengan mudah? Lebih mudah terpisah atau nempel?

Ok jelas ya bedanya. 

Lalu alasan kedua adalah kalau kamu tidak memposting artikel dalam keadaan terbaik menurutmu, maka kurang bagus buat pembelajaran dan menghabiskan waktu teman yang membantu koreksi tulisanmu.

Postinger =aku berdoa pada Nya.

Komentator:(Koreksi dari komentar KBM-er lain atau admin):Harusnya Aku berdoa pada-Nya ada tanda hubung dan aku-nya huruf besar

Jawaban postinger =ya saya tahu harus ada tanda hubung cuma buru buru pakai hape.huruf besar di awal kalimat saya juga tahu cuma di hape suka rempong buat huruf besar dan kecil.

Kalau baca jawaban kayak gini rasanya saya mau ambil wajan terus getok tuh kepala postinger berulang-ulang, setidaknya sesuai jumlah huruf besar yang sengaja diabaikan. Garis bawahi kata sengaja. Sebel gak sih kita udah telatenin, copas kalimat salah kita perbaiki kesalahannya, kita kasih petunjuk bagaimana seharusnya, kita sediakan waktu dan tenaga untuk itu, eh ternyata dia udah tahu - tapi sengaja mengabaikan. Itu egois akut parah.

Kalau kita melakukan kesalahan yang sudah kita tahu itu membuat koreksi yang diberikan jadi tidak bermanfaat buat kita karena kita sudah tahu dan menghabiskan waktu yang memberi koreksi. Menyianyikan waktu orang itu dosa menurut saya dengan sengaja.

Akan beda kalau kesalahan yang sama tapi atas ketidak tahuan.Postinger =Aku berdoa pada Nya.

Komentator:(Koreksi dari komentar KBM-er lain atau admin):Harusnya Aku berdoa pada-Nya ada tanda hubung setiap kali pakai -Nya Tuhan

Jawaban postinger =Terima kasih, saya baru ingat kalau sebelum Nya Tuhan harus pakai tanda hubung.

Nah kalau ini terjadi maka ada hubungan yang sehat dan pertambahan ilmu.Jadi boleh bahkan sangat boleh melakukan kesalahan di KBM tapi bukan kesalahan yang disengajakan atau disadari hanya karena mau enaknya aja, mempermudah diri tanpa mempedulikan waktu anggota lain yang mau membantu mengomentari.

Alasan KetigaKalau kamu mengirim yang terbaik sejauh kamu bisa, maka ketika ada koreksi dan koreksi itu benar maka nilai kamu bertambah.Katakan nilaimu 7 lalu kamu lakukan karya terbaikmu dengan nilai 7, setelah dikoreksi dan diperbaiki maka nilai karyamu bisa 8.

Tapi kalau kemampuanmu 7 lalu kamu kirim naskah sekedarnya bernilai 6 maka ketika dikoreksi nilainya meningkat jadi 7 dan tidak ada perkembangan atas kemampuanmu.

Alasan keempatKalau kamu kirim karya dengan banyak kesalahan yang kamu sadari dan tidak kamu sadari, maka orang yang membantumu hanya sempat memberi 3 koreksi yang lebetulan semua koreksi itu adalah hal yang kamu tahu tapi kamu abaikan, maka kamu kehilangan peluang mendapat ilmu baru.

Alasan kelima,ketika kamju kirim naskah dengan banyak kesalahan kepada penerbit atau panitia lomba, bahkan sekalipun isi ceritamu bagus, kamu sudah dianggap remeh juri atau penerbit dan mereka tidak akan membaca karyamu.

Saya sendiri sekarang kalau atau postingan yang ditulis asal-asalan, mengabaikan huruf besar, mengabaikan spasi, dan saya menyakini itu dilakukan dalam keadaan sadar bukan karena tidak tahu maka saya akan mengomentari:1. Tolong perhatikan huruf besar atau kecil dan spasi - agak mengganggu - jangan pakai singkatan asal-asalan.2.Kalau sudah diperbaiki atau diedit saya baca lagi - panggil saya - tapi kalau akhirnya tidak sempat saya baca lagi - mohon maaf bukan salah saya, karena saya kebetulan sediakan waktu tapi kamu nampaknya terlihat secara sengaja tidak menulis dengan sempurna - saya melihat spasi dan huruf besar diabaikan bukan karena kamu tidak mengerti tapi karena kamu tidak menyediakan waktu untuk hasil terbaik.

Sekali lagi untuk kebaikanmu sendiri, posting karya sudah dalam keadaan terbaik menurut pengetahuanmu.Itu sangat baik untukmu.Bantulah orang yang mau membantumu.

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Tips Menulis : Posting dan Kirim Naskah Sebaik Yang Kamu Bisa
Tips Menulis : Posting dan Kirim Naskah Sebaik Yang Kamu Bisa
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2014/04/tips-menulis-posting-dan-kirim-naskah.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2014/04/tips-menulis-posting-dan-kirim-naskah.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy