Tips Menulis: Beberapa Pertanyaan Tentang Ending

Isa Alamsyah Apakah menulis harus sudah tahu endingnya? Beberapa penulis sudah tahu ending ketika memulai menulisnya. Sehingga ia sudah m...

Isa Alamsyah

Apakah menulis harus sudah tahu endingnya?
Beberapa penulis sudah tahu ending ketika memulai menulisnya. Sehingga ia sudah menyiapkan berbagai informasi yang membuat ending jadi tak terduga.
Beberapa penulis ada yang mulai menulis sebelum tahu ending dan meyakini akan menemukan ending terbaik untuk kisahnya.
Beberapa lainnya bahkan punya beberapa alternatif ending dan belum memutuskan yang mana yang dipilih sampai titik tertentu dalam tulisannya.
Mana yang tebaik?
Tidak ada yang yang lebih baik satu dan lainnya, dan tidak ada yang salah dan benar, yang penting dimulai saja proses menulisnya.
Beberapa penulis mengalami ketiganya, tergantung yang mana dulu ide muncul, ada yang ide openingnya duluan, ada yang ending duluan, jadi tidak sama prosesnya dalam setiap cerita.

Bagaimana mengakhiri cerita yang baik?
Cerita yang baik harus berakhir dengan penjelasan yang memuaskan atas semua konflik yang disajikan.
Semua pertanyaan yang belum terjawab dalam cerita harus dijawab. Semua berakhir longgar harus diikat.
Bahkan twist ending pun sekalipun awalnya menipu pembaca akhirnya tetap menjelaskan kenapa ending tak terduga masuk akal.
Open ending atau ending menggantung juga secara umum sudah menjelaskan semua peristiwa, hanya saja tetap membuka sesuatu yang terjadi di kisah lain.
Akhir cerita juga harus menjadi hasil logis dari cerita. Dengan kata lain, itu harus didasarkan pada sebab dan akibat.

Apakah ending penting?
Yang ditunggu dari semua cerita pada akhirnya adalah ending, bagaimana akhirnya, dan ending itu adalah apa yang tertanam terakhir pada pembaca. Opening bagus, isi bagus, tetapi ending mengecewakan bisa membuat segala kebagusan di awal ikut hilang.
Jadi ending sangat penting.

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Tips Menulis: Beberapa Pertanyaan Tentang Ending
Tips Menulis: Beberapa Pertanyaan Tentang Ending
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2014/05/tips-menulis-beberapa-pertanyaan.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2014/05/tips-menulis-beberapa-pertanyaan.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy