Tips Menulis: Hambatan Menulis 3 (Malu Ditertawakan)

Isa Alamsyah Setiap penulis mengalami pasang surut dalam karirnya, dan salah satu tantangan yang mungkin dihadapinya adalah ditertawakan,...

Isa Alamsyah

Setiap penulis mengalami pasang surut dalam karirnya, dan salah satu tantangan yang mungkin dihadapinya adalah ditertawakan, karyanya dilecehkan atau dianggap tidak punya isi.
Ketika Asma Nadia menyelesaikan cerpen pertamanya saat SMP, dengan antusias gadis itu menujukkan karyanya kepada pelatih teater yang dianggap sebagai salah satu guru seninya.
Dengan ringan sang pelatih berkata, “Cerpen kamu picisan, biasa. Kamu bisa lebih bagus darti itu!”
Wajah antusias sang penulis langsung pudar berubah jadi rendah diri> butuh waktu cukup lama untuk memulihkan kepercayaan dirinya bahwa ia bisa menulis. Tapi kini lebih dari 50 buku dengan jutaan eksemplar sudah terjual di pelosok nusantara.
Ketika saya menulis cerpen pertama, karya saya menjadi bahan tertawaan Helvy Tiana Rosa. Ketika menulis cerpen lainnya, kembali jadi tertawaan sulung Putri Salsa dan istri Asma Nadia. Tapi itu tidak membuat saya berhenti menulis.
Ketika Dyan Nuranindya menyelesaikan novel pertamanya, ia meminta teman-teman SMA-nya untuk membaca dan menilai novelnya. Tapi teman-temannya sangattidak antusias.
“Gue novel yang dijual di toko buku aja malas baca, apalagi tulisan elo!” Begitu kira-kira anggapan mereka.
Tapi apakah Dyan menyerah? Tidak, ia tetap menyempurnakan tulisannya dan mencoba peruntungan untuk memasukkan karyanya ke penerbit.
Hasilnya? Novel pertamanya yang berjudul Dea Lova menjadi salah satu TeenLit (tulisan genre remaja) paling laris, terjual 100 ribu eksemplar dalam tahun pertama penjualannya.
Ditertawakan, dilecehkan, dianggap rendah, adalah salah satu bagian dari proses dalam menghasilkan karya tulis, jadi tidak perlu rendah diri atau malu jika karya tulisan kita jadi bahan cemoohan.
Sayangnya banyak penulis akhirnya memilih berhenti berkarya karena ditertawakan, hingga akhirnya tidak mempunyai karya lagi dan mengabaikan mimpi,atau kecintaan dalam kepenulisan.
Lebih buruk lagi ada yang kalah sebelum bertanding, menyerah sebelum berperang. Mereka tidak berani memajukan karyanya ke publik karena takut ditertawakan sehingga tidak bisa mengevaluasi pencapaiannya.
Kita tidak tahu dimata Tuhan siapa yang salah di akhirat nanti, apakah yang menertawakan sehingga membuat orang berhenti bermimpi atau yang ditertawakan dan cepat menyerah. Tapi saya tahu satu hal pasti, yang rugi di dunia ini adalah yang menyerah.
Orang bebas mencemooh atau menertawakan tapi kita yang menentukan sendiri bagaimana masa depan akan dijalani. Kita bisa memilih menyerah dan berhenti ketika ditertawakan, atau kita bangkit dan bangun rasa dendam positif dan berkata: suatu saat akan saya buktikan, saya yang akan tertawa.
Hidup itu pilihan dan kita yang memutuskan arahnya.

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Tips Menulis: Hambatan Menulis 3 (Malu Ditertawakan)
Tips Menulis: Hambatan Menulis 3 (Malu Ditertawakan)
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2014/05/tips-menulis-hambatan-menulis-3-malu.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2014/05/tips-menulis-hambatan-menulis-3-malu.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy