10 Hal di Luar Penulisan agar Tetap Kreatif

#AriKinoysanTips Penulis dan para pekerja kreatif lainnya, sumber harta karunnya adalah ide-ide kreatif yang briliant. Untuk tetap kreat...

#AriKinoysanTips

Penulis dan para pekerja kreatif lainnya, sumber harta karunnya adalah ide-ide kreatif yang briliant. Untuk tetap kreatif, harus ditopang dengan hal-hal lain di luar penulisan. Energi yang melimpah dari luar dunia penulisan sangat membantu seseorang tetap kreatif dan produktif. Jadi, sebagai penulis keluarlah dari jalur penulisan. Lakukan banyak hal di luar penulisan. Ini hanya contoh, anda bisa menambahkan lagi berbagai hal yang anda senangi.

  1. Olahraga
Kapan terakhir anda olahraga? Kalau tak ingat, harusnya anda menjadwal ulang untuk berolahraga. Semua dokter menyarankan setiap orang (tidak hanya kepada para pekerja kreatif) untuk berolahraga. Sekurangnya 3-4 kali seminggu. Olahraga yang ringan-ringan dan anda senangi pun boleh. Jalan kaki, sepeda, renang, lari, yoga, senam, menari, dll. Olahraga membuat badan sehat, aliran darah lancar, racun-racun dalam tubuh keluar, sehingga orang lebih kreatif dan produktif.

  1. Kerjakan Tugas Rumah Tangga
Siapa bilang tugas rumah tangga membebani? Lakukan dengan senang tugas-tugas harian anda di rumah, seperti mengepel, memasak, mencuci piring, menyapu, membersihkan kamar mandi, menyiram tanaman, dll. Anggap saja itu cara melemaskan otak dari penatnya berpikir kreatif.

  1. Binatang Piaraan
Memiliki binatang piaraan? Bersenang-senanglah dengan mereka. Mandikan binatang piaraan anda, ajak jalan-jalan, atau apapun yang membuat anda rileks dan tenang. Binatang sering juga jadi tempat curhat yang aman, paling tidak mereka tidak akan berkoar-koar menyebarluaskan rahasia anda.

  1. Orang
Pekerja kreatif umumnya independen dan sering asosial karena sifat kerjanya yang tidak banyak berhubungan dengan orang lain. Namun memiliki hubungan sosial yang baik sangat membantu orang untuk kreatif dan produktif. Bergabunglah dengan kelompok-kelompok atau komunitas yang anda senangi. Bertemulah dan tertawalah berbahagia dengan orang-orang. Dengarkan mereka dan anda akan memiliki banyak sumber energi kreatif dan produktif.

  1. Ibadah dan Meditasi
Apapun agama anda, dekat dengan Tuhan adalah sumber kekuatan kreatif dan produktif yang tidak akan ada habisnya. Tuhan memiliki manajemen yang tidak bisa kita ketahui jalannya. Kadang-kadang inspirasi hebat yang melahirkan karya-karya besar, lahir dari kedekatan manusia dengan Tuhannya. Banyak orang yang menggunakan meditasi sebagai sarana untuk melatih kepekaan batinnya. Anda dapat menggunakan panduan meditasi sederhana yang akan membantu berlatih.


  1. Hobi
Setiap orang pasti punya hobi. Kerjakan saja hobi anda dengan kegembiraan. Pasti setelah melakukannya, energi melimpah akan terasa dalam diri kita.


  1. Wisata
Kapan terakhir anda berwisata? Kalau tidak ingat atau tidak tahu, anda harus menjadwal ulang program harian anda. Wisata tidak harus mahal dan besar, seperti wisata ke luar negeri misalnya. Yang simpel-simpel saja. Kenali tempat-tempat wisata di sekitar tempat tinggal anda. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas wisata.

  1. Musik, Buku, dan Film
Musik, buku, film adalah sumber inspirasi untuk kreatif dan produktif yang tidak ada habisnya. Kalau anda pekerja kreatif, jangan sampai tidak menyenangi ketiganya.

  1. Menikah
Mau kreatif terus? Menikahlah. Sekarang banyak orang tidak menikah dan hidup bersama sebagai hal biasa. Menikah memberi rasa tanggung jawab dan toleransi yang terus menerus. Dalam banyak hal, pasangan yang menikah justru lebih berbahagia daripada mereka yang lajang atau hidup bersama tanpa pernikahan. Pernikahan adalah energi yang luar biasa untuk kreatif dan produktif.

*Untuk nasihat dari guru saya yang ke-9 ini, saya mesti membuktikannya dulu baru bisa mempercayainya... hehehe...

  1. Penuhi Cita-cita Anda
Apa yang ingin anda capai? Turuti saja. Mau keluar negeri, turutilah. Mau sekolah, sekolah saja. Mau melakukan hal-hal menantang yang belum dilakukan orang, coba saja.... Memenuhi cita-cita pribadi adalah sumber kekuatan untuk kreatif dan produktif.

Anda masih bisa menambahkan banyak daftar untuk melawan kemandegan kreativitas. Sebenarnya kreatif dan produktif adalah satu paket. Orang yang kreatif, tapi tidak produktif sama saja bohong karena tidak ada karya yang baru. Orang produktif kalau tidak kreatif sama saja mengulang pekerjaan yang sama.


Happy Writing, be a Good Writer
*Jadi Penulis Fiksi? Gampang Kok!
*Jadi Penulis Skenario? Gampang Kok!

Ari Kinoysan Wulandari

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: 10 Hal di Luar Penulisan agar Tetap Kreatif
10 Hal di Luar Penulisan agar Tetap Kreatif
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2014/09/10-hal-di-luar-penulisan-agar-tetap.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2014/09/10-hal-di-luar-penulisan-agar-tetap.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy