Menggunakan Karakter dalam Penulisan

#AriKinoysanTips *Lagi-lagi saya dicekoki bahwa dalam penulisan fiksi, baik skenario maupun novel, KARAKTER memegang kunci keberhasilan....

#AriKinoysanTips

*Lagi-lagi saya dicekoki bahwa dalam penulisan fiksi, baik skenario maupun novel, KARAKTER memegang kunci keberhasilan. Tanpa karakter, tulisan menjadi tidak bernyawa dan berputar-putar tidak jelas.

Karakter perlu dirinci agar tampak nyata. Tips ini akan memberikan cara bagaimana kita menempatkan karakter dalam praktik penulisan.

  1. Pada hari pertama, anda bisa menuliskan gagasan/ide sebagai latihan terpisah.

  1. Pada hari kedua, tulis karakter anda sebagai latar belakang cerita.

  1. Pada hari ketiga, buatlah secara khusus satu halaman dialog untuk melihat bagaimana karakter berbicara.

  1. Pada hari keempat, habiskan banyak waktu mencari nama yang tepat untuk karakter anda.

  1. Jika anda bekerja melalui semua tips ini sebagai latihan terpisah, anda akan menghasilkan sketsa karakter yang kuat dan siap memasuki plot cerita anda.

  1. Sketsa karakter tidak wajib. Anda juga bisa mulai menulis draft naskah anda dan melihat bagaimana masing-masing elemen berkembang secara alami untuk setiap karakter.

  1. Pada masa revisi, anda dapat memeriksa narasi anda apakah sesuai dengan daftar yang telah anda buat pada hari pertama hingga hari keempat. Ini untuk memastikan karakter yang konsisten dan memiliki “kesungguhan” seperti karakter yang alami.
Bagaimana cara anda membuat karakter? Apakah anda mulai dengan sketsa karakter atau apakah anda hanya mulai menulis? Apakah anda memiliki daftar (seperti di atas) untuk membantu anda mengetahui dan memahami karakter anda?

Bagaimanapun tiap penulis punya cara untuk menghasilkan karya terbaik. Tidak usah ragu kalau berbeda. Ini hanyalah gambaran untuk membantu menghasilkan karakter yang baik.


*Jadi Penulis Fiksi? Gampang Kok!
*Jadi Penulis Skenario? Gampang Kok!
*Ikuti kelas online penulisan novel dengan saya.


Ari Kinoysan Wulandari

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Menggunakan Karakter dalam Penulisan
Menggunakan Karakter dalam Penulisan
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2014/09/menggunakan-karakter-dalam-penulisan.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2014/09/menggunakan-karakter-dalam-penulisan.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy