Pilih Lingkungan Anda

#AriKinoysanTips: Penulis ---sepanjang saya tahu hingga saat ini--- belum jadi profesi yang diinginkan oleh sebagian orang. Bahkan ad...

#AriKinoysanTips:



Penulis ---sepanjang saya tahu hingga saat ini--- belum jadi profesi yang diinginkan oleh sebagian orang. Bahkan ada banyak orang tua yang melarang mati-matian anaknya menulis, atau masuk jurusan Sastra Indonesia yang sering dianggap sebagai sekolahnya penulis.  ---Sering kali, Sastra Inggris dianggap lebih layak daripada kuliah di Sastra Indonesia.

Belum tahu mereka, kuliah di Sastra Indonesia jauh lebih rumit dan ribet daripada kuliah di Sastra Inggris. Sastra Indonesia mungkin adalah sastra paling kompleks di dunia karena di dalamnya terintegrasi lebih dari 500 Sastra Daerah Nusantara; yang ikut mempengaruhi keberadaan sastra dan bahasa Indonesia. Kalau tidak percaya, kuliah saja di Sastra Indonesia. Hehe....

Secara khusus, Sastra Indonesia tidak mendidik orang untuk jadi penulis atau sastrawan. Tapi bahwa banyak sastrawan besar dan penulis mapan dilahirkan dari jurusan ini, secara tidak langsung membangun “image” jurusan Sastra Indonesia adalah sekolahnya penulis dan sastrawan.

Apapun kata orang, Sastra Indonesia sangat layak diperhitungkan dan dipertimbangkan sebagai “jalur pendidikan masa depan”. Semua bidang pekerjaan butuh jasa penulisan dan itu berarti lapangan kerja yang sangat luas bagi penulis. Apalagi kalau berasal dari kampus-kampus terbaik. Di lingkungan universitas, jurusan Sastra Indonesia juga sering dianggap paling “makmur” karena banyaknya proyek yang hanya bisa diurus oleh jurusan yang kadang juga “dipandang sebelah mata”.

Nah, kalau anda mau jadi penulis ----tidak harus ngotot kuliah di Sastra Indonesia kok--- karena jurusan itu termasuk “sulit lulus” bagi orang-orang yang tidak niat kuliah, hehehe.... Tidak perlu anda bersikeras berbantahan dengan orang tua soal pendidikan. Tidak perlu melukai hati orang tua karena memaksa masuk jurusan yang menurut anda tepat.

Komunikasikan, musyawarahkan dan cari jalan tengah untuk kompromi. Tak perlu juga menentang orang tua yang melarang ikut sekolah formal soal penulisan. Menulis saja dengan prinsip-prinsip sunyi, lalu keluarlah ketika sudah berhasil. Umumnya, orang tua atau keluarga mendukung kalau sudah ada hasilnya.

Ada banyak jalan ke Italia (ke Roma sudah pakem, diganti Italia saja). Kalau mau jadi penulis, belajar saja secara independen, ikut kelas-kelas online dan offline yang langsung mengacu pada penulisan. Toh banyak praktisi dan pakar yang bukan produk Sastra Indonesia yang menulis dan eksis.  Sebaliknya, banyak pula jebolan Sastra Indonesia yang malah antipati dengan dunia penulisan.

Yang terpenting, kalau mau jadi penulis, jaga dan pilih lingkungan anda. Hindari orang-orang yang tidak percaya bahwa anda bisa menulis. Jauh-jauh dari orang-orang yang suka mengolok-olok ambisi dan cita-cita anda dalam hal penulisan. Bergaullah dengan orang-orang yang support cita-cita anda untuk menulis.

Segampang itu kok urusan menulis dan menjadi penulis. Yang paling tidak boleh dilupakan, menulislah setiap hari. Sesibuk apapun, sempatkan menulis. Tak pernah ada kisah tulisan yang bagus dan komprehensif ditulis dalam waktu singkat.


Happy Writing, Be A Good Writer :)
*Jadi Penulis Fiksi? Gampang Kok!
*Jadi Penulis Skenario? Gampang Kok!
Anda juga bisa bergabung di grup penulisan dengan nama yang sama.

Karya Terbaru Ari Kinoysan Wulandari:
*Love Banget Sama Al Qur’an
* Love Banget Sama Silaturahmi
* Love Banget Sama Sholawat
* Love Banget Sama Rasulullah
* Love Banget Sama Zakat
*Biar Puasa Nggak Sia-sia
*Gosip Halal vs Gosip Haram
*Cahaya Cinta
*Cahaya Hidayah
*Asmaaul Husna: 99 Kisah Meneladani Sifat Kemuliaan Allah
(Sepuluh buku ini bisa dipesan langsung di: gramediana.com dan di getscoop.com)

*Herbal Nusantara
*Batik Nusantara
*45 Penyakit Aneh dan Khusus
*45 Penyakit yang Banyak Ditemukan di Masyarakat
*Cerdas Memilih Rumah Sakit
*Cara Jitu Mengatasi Kolesterol
*Cara Jitu Mengatasi Hipertensi
*Cara Jitu Mengatasi Kegemukan
*Cara Jitu Mengatasi Kencing Manis
*Cara Jitu Mengatasi Insomnia
*Cara Jitu Mengatasi Stres
*Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid
*Cara Jitu Mengatasi Impotensi
*Kingkong Jatuh Cinta
*Tersengat Cinta Endut
*Jadi Cewek Cantik? Gampang Kok!
(Enam belas buku ini bisa dipesan langsung di andipublisher.com)



Ari Kinoysan Wulandari

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Pilih Lingkungan Anda
Pilih Lingkungan Anda
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2014/12/pilih-lingkungan-anda.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2014/12/pilih-lingkungan-anda.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy