Hambatan Menulis

Oleh: Isa Alamsyah Hambatan Menulis No.1 Menunggu Sempurna Salah satu kenapa sebuah tulisan tidak kunjung selesai adalah karena kita...

Oleh: Isa Alamsyah
Hambatan Menulis No.1 Menunggu Sempurna
Salah satu kenapa sebuah tulisan tidak kunjung selesai adalah karena kita menunggu tulisan sempurna.Kalau semua penulis menunggu sebuah tulisan sempurna, baru menganggap sebuah tulisan selesai, maka di dunia ini tidak ada karya tulis sama sekali.Kenapa?Karena tidak ada yang namanya tulisan sempurnya.Sebenarnya tidak ada yang sempurna, kecuali Tuhan.Dulu orang mengira kuda adalah kendaraan sempurna, setelah ada mobil kuda ditinggalkan.Lalu manusia mengira mobil adalah yang sempurna tapi kemudian ada kereta dan pesawat.Nanti akan ada lagi kendaraan yang lebih sempurna dari apa yang ada saat ini.
Begitu juga tulisan.Kalau kita menunggu sempurna sebuah tulisan maka tidak akan pernah selesai.Pasti akan ada cara lebih baik yang bisa kita lakukan.Karena itu menulislah, dan selesaikanlah. Jangan menunda-nunda karena menunggu sempurna.Karena tulisan yang selesai bisa dinikmati bisa di publish, yang belum sempurna hanya tersimpan di harddisk.Kalaupun nanti tulisan kita dikritisi biarkan saja, toh itu baik untuk memperbaiki diri.
Saya teringat beberapa hari lalu Asma Nadia tertawa sendiri membaca tulisannya.Asma sedang mempersiapkan buku Jangan Jadi Muslimah Nyebelin (new version) yang akan segera terbit - versi terbaru yang lebih lengkap dari Jangan Jadi Muslimah Nyebelin versi lama yang sudah tidak ada di pasaran.
Yang membuat Asma tertawa adalah karena mengetahui betapa tulisan sendiri di Jangan Jadi Muslimah Nyebelin versi lama banyak sekali kekuranganya.Sekalipun buku tersebut sudah terjual puluhan ribu bahkan mungkin ratusan ribu kopi, ternyata ada saja kesalahan.Padahal dulu buat Asma sudah yang terbaik.Kini buku versi terbarunya sudah jauh-jauh llebih baik dari versi lamanya.Tap mungkin saja beberapa tahun mendatang Asma Nadia akan tertawa lagi melihat update yang sekarang ini, yang ternyata di masa depan disadari masih kurang sempurna.Jadi kesempurnaan itu pada dasarnya adalah proses, never ending process.
Kita harus sadar tidak ada yang namanya sempurna.Kita memang harus melakukan yang terbaik, tapi bukan berarti menunggu sempurnad dan tidak menghasilkan apa-apa.Mulailah menulis. Lakukan yang terbaik dan selesaikan, lalu publikasikan.Jangan tunggu sampai sempurna tapi akhirnya tidak pernah selesai.
Mobil Ferrary memang mahal dan cepat, tapi kalau belum selesai dibuat dan belum bisa jalan, dengan bajai kita bisa sampai duluan di tujuan.Sadis ya perumpamaannya, pkoknya ngerti lah. Iya kan?:)
Hambatan Menulis No.2 Takut Salah
Salah satu kenapa sebuah tulisan tidak kunjung selesai adalah karena kita takut salah. Kalau dalam karya non fiksi, kadang kita takut salah berpendapat, salah teori, salah ide, salah opini dan salah-salah lainnya.Kalau dalam karya fiksi, mungkin kita takut salah gaya bahaya, salah tata bahasa, dll.
Kabar buruknya, takut salah adalah sesuatu yang diajarkan di sekolah. Padahal salah adalah bagian dari pembelajaran kehidupan.Kalau salah kita dapat nilai merah, dimarahi guru, akhirnya juga orang tua.Lebih parah lagi dalam banyak kesempatan, di sekolah kita juga tidak boleh berpendapat.Saya ingat dulu ada soal seperti ini:"Menurut pendapat kamu apakah kita boleh....bla..bla..bla"Setelah saya, sebagai murid menjawab ternyata jawabannya salah.Padahala soalnya kan menurut pendapat kamu (saya), jadi harusnya jawaban apa saja benar dong. Kan pendapat saya.Kalau soalnya "Menurut pendapat ibu/ bapak guru apakah kita boleh....bla..bla..bla..nah itu baru kita kalau beda pendapat boleh salah.Ok itu intermezo sajaIntinya kita sudah dididik di sekolah untuk takut salah, akhirnya kita tidak berkarya dan takut mencoba.
Kabar baiknya, sebenarnya pasar tidak peduli...dunia nyata tidak peduli...Kalau mereka suka, kalau mereka setuju, kalau mereka percaya, ya kita sukses.Kamu boleh saja salah.Bahkan banyak penulis besar yang berbuat kesalahan dalam tulisannya, tapi mengubah dunia.Charles Darwin membuat tulisan yang mengubah dunia.Teorinya, manusia adalah hasil evolusi berjuta tahun dari monyet lalu menjadi manusia purba akhirnya jadi manusia.Yang menentang sebagian besar adalah golongan agama tanpa bukti ilmiah, sekalipun Darwin pun tidak punya bukti ilmiah juga (Lihat kan, gak punya bukti tapi pede kan!Akhirnya Harus Yahya yang mempublikasikan pembatalan teori Darwin. Pemikir Turki tu membuktikan fosil kepiting yang berusia 30 juta tahun sama dengan kepiting sekarang, tidak ada evolusi. Dan fosil lainnya juga tidak berubah bentuk Jadi Darwin dulu salah, tapi pede aja.Di Inggris, dulu ada seorang pemikir yang membuat teori menyeramkan. London dalam beberapa tahun kedepan akan menjadi tumpukan kotoran tahi kuda, karena banyak orang makin kaya dan makin banyak orang berkendaraan kuda di kota dengan tahi berserakan di mana-mana. Lonon akan jadi tumpukan tahi akibat transportasi kuda. Ternyata beberapa tahun kemudian mobil ditemukan dan teorinya basi.Padahal sebelumnya dianggap menyeramkan.
Pada tahun1798 pendeta Inggris bernama Thomas Robert Malthus menerbitkan sebuah buku walau tipis namun mengubah dunia.Judulnya An Essay on the Principle of Population as it Affects the Future Improvement of Society. Pemikir Inggris ini mengeluarkan teoori yang menyeramkan.Dunia akan hidup dalam kelaparan arena penduduk bertambah sesuai "deret ukur" (misalnya, 1, 2, 4, 8, 16 dan seterusnya) sedangkan persediaan makanan bertumbuh secara "deret hitung" (misalnya, dalam deret 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 dan seterusnya). Karena itu makanan tidak akan bisa memenuhi kebutuhan manusia.Lalu ia menambahkan, cara agar manusia selamat dari kelaparan maka harus dicari tanah baru, atau terjadi penyakit (mati masal) dan perang.Tulisannya menimbulkan kepanikan, orang-orang Inggris memilih pindah ke tanah baru (Amerika) untuk masa depan anak-anak mereka, kabarnya setengah orang Inggris lari ke benua baru tersebut.Ternyata sekarang ada yang namanya diversifikasi lahan, bibit unggul sehingga dengan lahan sama kita bisa menghasilkan makanan berlipat. Bahkan kini banyak makanan terbuan.Teorinya basi, salah besar tapi sudah mengubah peta dunia.
Jadi pede aja kalau mau menulis atau mau sampaikan salah opini.Apalagi kalau niatnya untuk kebaikan.Toh kalau salah bisa diperbaiki, dan bisa direvisi.Mungkin hadis ini bisa juga menjadi bahan inspirasi.
Nabi Muhammad bersabda : “Apabila seorang hakim menetapkan hukum dengan berijtihad, kemudian dia benar maka ia mendapatkan dua pahala. Akan tetapi, jika ia menetapkan hukum dalam ijtihad itu salah maka ia mendapatkan satu pahala.” (Muslim)

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Hambatan Menulis
Hambatan Menulis
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2015/04/hambatan-menulis.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2015/04/hambatan-menulis.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy