Kesalahan Penulis No. 9 Terbebani ide besar

Oleh: Isa Alamsyah Banyak yang mengira cerpen hebat harus memuat ide besar. Kisah menjadi kuat kalau melibatkan peristiwa besar. Pad...

Oleh: Isa Alamsyah

Banyak yang mengira cerpen hebat harus memuat ide besar.
Kisah menjadi kuat kalau melibatkan peristiwa besar.
Padahal tidak demikian kenyataannya.
Banyak film-film besar biaya mahal kandas di pasaran dan menjadi cemoohan.
Sebaliknya ada film dengan ide sederhana tapi karena unik dan menyentuh sukses dalam berbagai ajang bergengsi, misalnya film Children of Heaven dari Iran.

Filmnya sederhana dan idenya juga sederhana, hanya seorang anak miskin yang ingin mempunyai sepatu baru karena sepatu lamanya yang usang hilang. Ia harus gantian dengan adiknya tukar pinjam sepatu kalau sekolah.
Sekalipun sederhana karena penggarapannya unik, film ini memenangi berbagai ajang film di dunia.
Sebaliknya saya pernah membaca kisah anak-anak.
Mereka bercerita tentang invasi alien ke bumi dalam sebuah cerpen.
Sebuah peristiwa yang menentukan hidup matinya populasi manusia.

Bukankah ini peristiwa besar?
Tapi bayangkan, peristiwa begitu besar harus diselesaikan dalam beberapa lembar A4. Tentu saja cerita menjadi tidak kuat.
Wajar saja itu karya anak-anak jadi buat pembelajaran boleh-boleh saja.
Asma Nadia dalam bukunya "Sakinah Bersamamu" mengangkat satu ide yang sangat sederhana tapi sangat menarik.

Judulnya "Rahasia Mas Danu." Idenya sangat sederhana. Tentang seorang suami yang sangat tidak romantis sampai-sampai tidak berani mengucapkan I love You ke istrinya, dan sang istri membujuk berbagai cara agar sang suami berani bilang I love You. Idenya sederhana tapi unik, ditambah dengan penggarapan yang menarik membuat ide sederhana ini menjadi kuat.

Bahkan buku yang dipilih sebagai buku favorit Good Read Indonesia 2012 ini, kalau kita perhatikan isinya ide-ide sederhana dalam masalah rumah tangga, yang akrab dengan keseharian.
Pada buku yang merupakan salah satu buku paling laris tahun 2011-2012 serta sudah dicetak ulang sebanyak 14 kali ini, kita bisa menemukan kisah sederhana seperti; anak kecil yang didik orang tua untuk berbohong setiap kali ada debt collector datang, ibu tukang gosip yang kena batunya dan berbagai ide sederhana lainnya yang terjadi sehari-hari.

Justru kesederhanaan itu yang membuat buku menjadi 'bacaan wajib suami istri' kata para pembacanya. Apalagi disetiap cerita diberi tambahan artikel ulasan penulis tentang masing-masing cerpen, sehingga buku kumpulan cerpen ini tidak hanya menghibur tapi juga mendidik.
Jadi jangan remehkan ide-ide yang sederhana karena itu bisa menjadi besar.

Salah satu member Komunitas Bisa Menulis ( www.facebook.com/epoyVanClreeK) juga punya ide sederhana tapi menarilk dalam cerpennya 'Kembalinya Garuda Buntung.' Idenya tentang seorang pria yang mati-matian mencari cara memakai uang ribuan yang robek sedikit yang dimilikinya dan ditolak di mana-mana, sampai akhirnya berhasil ia berhasil membelanjakannya. Sialnya beberapa waktu kemudian uang robek tersebut kembali padanya dan dia mencari cara lagi menggunkan uang tersebut.
Idenya menarik, tinggal eksekusinya. Saat ini cerpen tersebut masih banyak dikritisi di forum group ini (lihat kritki cerpen 4).
Intinya, jangan terpaku hanya pada ide-ide besar.
Jika kita menemukan ide sederhana tapi menarik, itu sudah cukup untuk membuat kita jadi penulis besar.

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Kesalahan Penulis No. 9 Terbebani ide besar
Kesalahan Penulis No. 9 Terbebani ide besar
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2015/04/kesalahan-penulis-no-9-terbebani-ide.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2015/04/kesalahan-penulis-no-9-terbebani-ide.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy