PENTINGNYA BERPIKIR RISET

Tips Best Seller 2 Oleh Isa Alamsyah Pada artikel sebelumnya dibahas betapa pentingnya membuat sebuah karya tulis yang unik Sekarang sa...

Tips Best Seller 2
Oleh Isa Alamsyah
Pada artikel sebelumnya dibahas betapa pentingnya membuat sebuah karya tulis yang unik
Sekarang saya akan bahas bagaimana caranya agar karya menjadi unik.
Ada istilah the fisrt always the best.
Betul kan?
Betul! Karena yang pertama tidak ada saingan jadi pasti yang terbaik.
Lalu bagaimana agar jadi yang pertama?
Ya kita harus pastikan bahwa tidak ada yang lainnya.
bagaimana memastikannya. Ya dengan riset.
Kalau kita riset maka kita tahu bahwa memang belum ada.
Kalau tidak riset, maka kadang kita mengira kita spesial ternyata karya kita pasaran, hanya saja kita tidak tahu.
Dalam workshop kepenulisan, banyak peserta yang mengajukan beragam ide.
Atas semua ide yang muncul saya selalu bertanya: Apa bedanya dengan yang ada?
"Pak saya ingin membuat buku tentang orang yang awalnya sudah dari kampung lalu sukses. Semoga novel ini jadi inspirasi!"
"Novel seperti itu banyak, apa yang membedakan dari yang lain?"
"Karena anak ini dari daerah terpencil?"
"Sebagian yang ada juga seperti itu!"
Dialog ini menujukkan bahwa sang calon penulis tidak sadar bahwa idenya biasa, tidak unik.
Dia tidak sadar karena tidak riset dan tidak membaca.
Dalam event ‪#‎anehterlihat‬ sekali banyak anggota KBM yang tidak riset karena itu mereka menulis apa yang muncul tanpa memastikan apakah itu sudah ada atau belum.
Akibatnya tulisan mereka tidak unik dan tidak layak dapat poin.
Mungkin mereka akan bilang banyak komen yang masuk gak sempat baca.
Ya, kalau memang prinsipnya mau malas-malasan hasilnya pasti tidak memuaskan.
Di event KBM membuat ulasan tidak unik tanpa riset paling cuma tidak dapat poin saja.
Di dunia nyata, begitu kamu membuat karya asal selesai tanpa riset ternyata karyanya sudah pasaran kamu rugi besar.
Kerja bulanan atau tahunan sia-sia karena tidak ada yang berminat
Uang puluhan juta hilang mencetak buku tapi gak laku
Karena itu sediakan waktu untuk riset, apakah ide kamu spesial atau tidak.
Untuk bukti tambahan saya cantumkan lagi komen peserta event aneh- yang menujukkan mereka tidak riset.
Saya berharap ke depan anggota KBM melakukan riset agar terbiasa berkarya secara unik dan berbeda.
Komen peserta event aneh yang sama atau mirip karena tidak meriset komen sebelumnya:
(Kamju pikir kamu unik ternyata ide kamu pasaran p- karena tidak riset!)
Tentang ungkapan "aku gak bisa hidup tanpa kamu"
Rosyidatul Munawaroh
Mantan aku ko ga mati yah? Dulu sih bilangnya ga bisa hidup tanpa aku. Udh putus masih idup aja tuh. Aneh!
Anggi Setia Andini
katanya mantan gue gabisa hidup tanpa gue. tapi ko skrg udah putus masih pada hidup ya aneh!
Abdul Wahid Nurhidayat
Katanya gak Bisa hidup tanpa gua,Tapi ko gua tinggalin tetep hidup.aneh!
Nyla Naira Asterina
"Aku tak dapat hidup tanpamu" pasti kata2 yg keluar saat diputuskan hubungannya oleh pasangannya
Nah selama sebelum ketemu dia juga bs hidup kan?
Aneh
Muhammad Jaenal
Tanpamu aku butiran debu, tapi kenapa udah ditinggalin tetep aja jadi manusia? Aneh !
Ev Nia
Katanya sehidup semati, kok yang cowok mati duluan. Aneh!
Katanya seiya sekata, kok kalau berkata beda-beda. Aneh!
Taefuri Rifqi Shihab
Bilangnya cinta sampai mati, emang kalo orang mati bisa bilang cinta? Gombal! Aneh!
Fitriani Dewi II
kata nya aku mencintaimu karena Allah, tapi minta halalkan segera ko gamau ? aneh :') !!!
Hierra Hera
ngomongnya cinta dunia-akhirat, dtinggal meninggal, kawin lagi.ANEH!
Muzdallifah
Katanya cinta pertama tidak bisa dilupakan, giliran ada yang lebih cakep, udah lupa sama yang pertama (aneh)
Rahmat Suardi
Katanya cinta mati, ngga mau pisah. Ditinggal setahun ke Papua, aku pulang dianya uda nikah duluan. Janji aneh!
Ira Novita S
Cowok biasanya mengatakan kesetiannya dengan "cinta mati". Tapi disuruh mati, gak mau. Aneh!
Gus Jun
Bilang cinta mati pake sumpah-sumpahan segala, disuruh mati kagak mau. Aneh...
Dinar Dirham
Bilangnya cinta mati, kekasih mati di kubur kok ga mau ikut. Anehh!
Hayati Kullu HaLillah
Banyak orang yang takut mati, tapi kok masih demen cinta mati? ANEH
Ira Novita S
Cewek juga suka banget kalau punya cowok yang cinta mati. Tapi kalau birthday selalu doain supaya diberi kesehatan dan umur yang panjang. Aneh!
Tentang istilah jatuh cinta
Wiji Paksa
Katanya jatuh itu sakit, tp yang jatuh cinta kerjaannya senyum-senyum sendiri. aneh
Anis Hoshizawa-Yoshimura
Katanya jatuh itu sakit, kok masih banyak yang senyam-senyum sendiri pas jatuh cinta? Aneh!
Hanadi Yusup
Katanya Jatuh cinta itu indah, bukannya jatuh itu sakit. Aneh!
Weni Retnantari
Katanya jatuh cinta. Kok senyum2, bukannya kesakitan? Aneh!
Fatmawati Ahmadd
Katanya jatuh cinta itu menyenangkan padahal semua orang tahu kalau jatuh itu sakit. ANEH!
Marlitha Giofenni
Jatuh dari pohon pasti sakit, tapi jatuh cinta kenapa bikin bahagia, aneh!
Dina Roslina
Jatuh itu kan sakit kenapa saat orang jatuh cinta itu bahagia.aneh
Nurul Hidayah Nur
Jatuh cinta kok dibilang enak? Yang namanya jatuh kan sakit? Aneh!
Emma Indirawati
katanya jatuh cinta itu menyenangkan..tapi kenapa harus ada kata-kata jatuhnya ya? kan dimana-mana yang namanya jatuh itu suakiiit...Aneh!!
An RM
jatuh cinta, si cinta jatuh tapi kok malah bahagia. aneh!
Mei Nur Dwianah
Orang yang lagi putus cinta biasanya jadi suka males makan. Tapi kalau lagi jatuh cinta biasanya suka dandan. Nah, apa hubungannya coba, koment ini sama orang putus cinta dan jatuh cinta?! Dasar aneh! ‪#‎aduh‬, udah mentok!
Ning Yoe
Sudah tahu jatuh itu sakit, masih tetap saja pada senang jatuh cinta. Aneh!
Ulya Fathiya
Katanya jatuh itu sakit, kok jatuh cinta itu malah asyik. Aneh!
Pramesty Yunita Sari
Udah tau jatuh sakit, kok orang2 malah mau jatuh cinta? Aneh!
Harie Khairiah
katanya jatuh cinta,kok bawaannya jadi senyum-senyum sendiri.
Endang S S
Udah tau jatuh itu sakit, tapi kok tetap JATUH CINTA... ANEH
Eva Noveliya Romanita
yang namanya jatuh kan sakit, tapi kok yang jatuh cinta senyum mulu. aneh...
Princess Vanila BLue
udah tahu jatuh itu sakit, kenapa orang-orang suka jatuh cinta? Aneh!
TENTANG MINUMAN KERAS
Ulya Fathiya
Dinamakan air keras, kok bentuknya tetap cair. Aneh!
Ita Destiani
minuman keras tp kok bentuknya cair , aneh !
Adzkia Samha
Katanya awas minuman keras kok cair kayak air. Aneh
Gemintang Halimatussa'diah Batubara
Miras, minuman keras. Tapi pas diminum tetep aja cair, banyak yang mau pula! Aneh -,-
Deti Febriani
Katanya minuman keras tapi pas ditumpahin kok malah cair. Aneh!
TENTANG ROTI TAWAR
Shofiyah Azzuhri
Penjualnya bilang ‘roti tawar, roti tawar’, tapi pas saya tawar rotinya, malah dimarahin sama penjualnya Aneh!
Hierra Hera
jual roti tawar tapi ga bisa ditawar.ANEH!
Hanadi Yusup
Namanya roti tawar, pas beli kok tidak bisa ditawar. Aneh!
Pin Ary Cahbumee A'u
bilangnya jual roti tawar....tapi ngga boleh di tawar..aneh
Sri Rejeki
Namanya ROTI TAWAR, tapi kalau beli nggak boleh ditawar. Anehnya lagi, sudah dibilang ROTI TAWAR tapi ada yang rasanya manis. ‪#‎aneh‬
Tentang jambu monyet:
Uci Ciute
jambu termasuk jenis buah2an & monyet termasuk jenis binatang. tapi kug ada jenis buah jambu yang di sebut Jambu Monyet!!! Kan aneh?
Siti Atiyah Nurfadhillah
Jambu monyet kok nggak jadi buah favorit kaum monyet ya, justru mereka malah memilih pisang. Aneh!
Fatma Wati
Katanya Jambu monyet, tapi pas aku makan mana Monyetnya? bulunya aja gak kelihatan. Aneh!
Nuryanti Tiara Dewi
jambu monyet kok yang makan bukan monyet ya? aneh
Uci Ciute jambu adalah jenis buah-buahan, monyet adalah jenis hewan tapi kug ada buah yang disebut Jambu Monyet, kan aneh?
Ida Kodariah Rohimi
namanya jambu monyet, tapi kok monyet gak doyan ya? Aneh!
Larasati Lamadinanti
Namanya si Jambu Monyet, tapi kok gak ada monyetnya ya? Aneh!
Uci Ciute
jambu adalah jenis buah-buahan, monyet adalah jenis hewan tapi kug ada buah yang disebut Jambu Monyet, kan aneh?
Ida Kodariah Rohimi
namanya jambu monyet, tapi kok monyet gak doyan ya? Aneh!
Harie Khairiah
Katanya jambu monyet, kok monyetnya nggak ada, aneh.
Hasna Dewi S
Buahnya bernama jambu monyet, tapi olahannya malah disebut kacang mete. Harusnya yah kacang monyet. Tapi, mana monyetnya? Aneh.
Tentang kaki seribu:
LiZa Prefek
Namanya kaki seribu tapi kok enggak ada seribu kakinya.#Aneh
Okta En Raihana
Seluing dibilangnya kaki seribu,apa iya bener kakinya ada 1000 klo dihitung?Aneh!
Atee Buceu Soleha
Kaki seribu. Badannya kecil, kakinya gak nyampe 100 tapi kok dibilang kaki
Muzdallifah
Namanya ulat kaki seribu, tapi kakinya cuma beberapa pasang (aneh)
Siti Atiyah Nurfadhillah
Setahuku, kaki seribu jumlah kakinya nggak mungkin seribu. Tapi kok tetap disebut kaki seribu, ya? Aneh!
Tri Hilyan
Namanya hewan kaki seribu,tp dihitung kaki tidak sampai seribu. Aneh!
seribu?
Hikmah A. Rasyid
Loh kok kita menyebut binatang berkaki banyak itu kaki seribu? Emang udah sama hasil hitungnya? Ngitung aja belum pernah, tapi kok ikut-ikutan! Aneh!
Shofiyah Azzuhri
Namanya ‘Bika Ambon’, tapi asalnya dari Medan. Udah gitu ada di mana-mana pula. Aneh!
Agung Pribadidua
katanya Kue Bika AMbon, koq jadi oleh-oleh khas Medan? aneh
Khoirud Do'a
Bika AMBON kue khas MEDAN? Aneh
Yeni Bintu Chozin
Katanya Kue Bika Ambon Tpi Kok Dari Medan. Aneh!
TENTANG PAGAR MAKAN TANAMAN
Ssy'shellyn Lailla'zaa
Pagar makan tanaman,pagar kan gak punya mulut.kok bisa makan.
Aini Nur
Pagar makan tanaman, padahal pagar benda mati masa makan tanaman, aneh!...
Rizna Rihana Adaminata
Katanya Pagar Makan Tanaman, tapi kok Tanaman dimakan manusia. Aneh!
Ohabian Anilreh Ave
Pagar kok makan tanaman ya? bukannya pagar tidak punya mulut? aneh!!!
Farahdara Drian Iqlima
Pagar makan tanaman, padahal pagarnya ngga punya mulut. Aneh!
Niswatun Wahidah
katanya ada pagar makan tanaman, tp mana mulutnya pagar yach ampe bisa makan tanaman? aneh!!!
So selalu riset agar kita jadi unik

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,66,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,4,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: PENTINGNYA BERPIKIR RISET
PENTINGNYA BERPIKIR RISET
Dedi Padiku
http://www.dedipadiku.com/2014/10/pentingnya-berpikir-riset.html
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/
http://www.dedipadiku.com/2014/10/pentingnya-berpikir-riset.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy