Bagaimana Cara Menjadi Penulis

#AriKinoysanTips Hehehe... Saya tidak tahu jawaban pastinya kalau ditanya bagaimana cara saya jadi penulis. Setidaknya ada beberapa hal...

#AriKinoysanTips

Hehehe... Saya tidak tahu jawaban pastinya kalau ditanya bagaimana cara saya jadi penulis. Setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan agar menjadi penulis terasa gampang.
  1. Menulis, terutama menulis fiksi, tampak seperti pekerjaan misterius, bahkan bagi mereka yang sudah melakukannya. Saya saja sering tidak tahu mau saya apakah tokoh-tokoh saya dalam cerita.

  1. Jika anda mau mulai menulis dari mana, diperlukan beberapa hal untuk meyakinkan diri sendiri bahwa anda dapat melakukannya.

  1. Dengan pengalaman dan kejujuran yang saya miliki, sebenarnya menjadi seorang penulis adalah hal yang relatif mudah. Tinggal membiasakan menulis saja.

  1. Hal terbaik untuk dilakukan jika anda ingin menjadi seorang penulis, lepas dari usia anda, adalah untuk menulis secara teratur. Bahkan jika anda menulis hanya 10 menit sehari atau satu hari dalam seminggu. Kalau perlu anda harus bangun satu jam sebelum orang lain untuk mendapatkan waktu yang tenang.

  1. Yang tidak gampang pada awalnya adalah untuk membuat diri anda mencurahkan waktu untuk menulis. Menulis adalah sesuatu yang dapat dipelajari seperti main basket, renang, menari, atau bahkan menyetir mobil.

  1. Berdasarkan teori dibutuhkan sepuluh ribu jam untuk menguasai keahlian apapun. Menulis pun begitu. Dengan sepuluh ribu jam menulis, percayalah anda akan bisa menulis dengan mudah.

  1. Penulis hanyalah seseorang yang menulis. Jika anda menulis, anda telah menjadi seorang penulis. Pembaca datang kemudian.

  1. Yang membantu anda menjadi menjadi seorang penulis adalah banyak membaca. Untuk batas tertentu, tidak peduli apa yang anda baca. Semakin banyak bacaan semakin baik.

  1. Kalau ada yang mengkritisi tulisan anda, ya terima saja. Ambil saran mereka dan gunakan yang terbaik.

  1. Setelah yakin dengan karya anda, segera cari media untuk publikasi. Entah media, penerbit, atau pihak ketiga. Pada akhirnya, setelah inilah akan ada pihak lain yang membayar karya anda.
Ternyata gampang kan menjadi penulis? Kuncinya ya menulis terus, membaca terus, menulis lagi dan lagi..... sampai batas sepuluh ribu jam untuk menjadi ahli dalam menulis.

Happy Writing, Be A Good Writer

Ari Kinoysan Wulandari

COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,69,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,22,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Web Apps,1,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Bagaimana Cara Menjadi Penulis
Bagaimana Cara Menjadi Penulis
Dedi Padiku
https://www.dedipadiku.com/2014/11/bagaimana-cara-menjadi-penulis.html
https://www.dedipadiku.com/
https://www.dedipadiku.com/
https://www.dedipadiku.com/2014/11/bagaimana-cara-menjadi-penulis.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy