Tips Menulis Novel Yang Menarik

Langkah tips menulis novel yang menarik untuk pemula sebagai hal yang paling susah dan memerlukan kesabaran. Walau sebenarnya, menulis novel...



Langkah tips menulis novel yang menarik untuk pemula sebagai hal yang paling susah dan memerlukan kesabaran. Walau sebenarnya, menulis novel tidak sesusah yang dipikirkan. Anda cuman perlu niat, usaha keras, telaten, dan memahami akan tahap-tahapannya.

Novel sebagai salah satunya tipe buku yang gampang dicatat oleh semua kelompok. Tidak ada batas umur atau karier untuk menulis novel. Baik pemula atau professional semua dapat menulis novel. Tetapi pasti berlainan saat Anda menulis novel dan buku jurnal atau artikel. Novel mempunyai karakter sendiri.

Novel sebagai satu kreasi sastra berupa prosa naratif yang panjang, di mana didalamnya ada serangkaian narasi mengenai kehidupan seorang figur dan beberapa orang disekelilingnya dengan menunjukkan karakter dan karakter dari tiap figur dalam novel itu. Tidak seperti cerpen (narasi pendek), isi narasi sebuah novel lebih panjang dan kompleks, dan ada pesan terselinap yang ingin dikatakan ke pembacanya.

Untuk Anda yang ingin menulis novel, apa lagi masih pemula tidak boleh takut untuk coba. Berikut ini tips menulis novel yang menarik untuk pemula. Keterangan langkah menulis novel ini benar-benar simpel hingga bisa dimengerti secara mudah oleh beberapa pemula yang ingin menulis novel.

1. Kenali Audiens

Langkah menulis novel yang pertama ialah mengenal audience. Saat sebelum Anda menulis novel, seharusnya Anda ketahui dulu audience yang bakal Anda sasar. Apa Anda akan menulis novel untuk bentang umur berapakah. Kemungkinan beberapa penulis akan menjawab umur 13-18 tahun. Tetapi sebetulnya jawaban ini masih terlampau lebar hingga penulis perlu lebih disempitkan kembali. Contoh Anda menarget audience di umur 13 tahun, remaja yang berumur dekat sama umur 13 akan mempunyai minat atau ketertarikan yang lain dengan remaja yang berumur lebih tua.

Tentukan sasaran pembaca pada umur berapakah sesaat akan menulis. Selanjutnya, mulai menulis narasi seakan sedang mambacakan narasi dan diamkan mengucur secara alami. Jauhi style penulisan seperti menyampaikan pidato. Bila narasi mempunyai topik atau pesan, diamkan keluar dengan cara alami dalam narasi.

2. Menentukan Ide dan Tema Novel

Langkah menulis novel yang setelah itu menentukan ide dan tema novel. Bila Anda telah mengenal audience yang bakal dibidik, karena itu seterusnya Anda dapat menentukan ide dan tema novel. Ini berlaku untuk penulis pemula atau professional. Gagasan sebagai gambaran singkat mengenai narasi yang ingin dicatat, sementara topik lebih ke detil kembali. Gagasan narasi tidak harus memiliki sifat orisinal. Anda dapat memakai gagasan narasi yang telah ada awalnya seperti narasi mengenai pertalian cinta, pertemanan, atau pembunuhan. Sementara untuk tentukan topik yang lebih detil, Anda dapat pilih topik pertalian cinta di antara sang kaya dan sang miskin, cerita pertemanan di antara 2 orang yang lain negara, atau tema-tema yang lain.

Bila masih bimbang untuk tentukan gagasan atau topik narasi, Anda dapat ambil ide dari novel-novel yang telah keluar atau membaca beberapa buku yang terkait dengan beberapa hal yang Anda gemari. Dengan demikian, kemungkinan Anda akan memperoleh gagasan narasi atas sesuatu yang sudah kamu baca. Pokoknya, tidak boleh malas membaca dan masih tetap percaya diri saat menulis. Selainnya gagasan dan topik, penentukan arah juga perlu dikerjakan. Apa Anda akan menulis sebuah cerpen, cerbung, flash fiction atau mungkin novel. Tetapkan jenis nya. Ada beberapa jenis yang bisa Anda tentukan, dapat roman, mistis, fantasi, seram, dan ada banyak jenis yang lain. Tulisan Anda harus juga sanggup memberikan keyakinan pembaca.

3. Penokohan

Langkah menulis novel yang setelah itu penokohan. Penokohan salah satunya media Anda sebagai penulis memberinya watak figur dalam narasi. Dalam novel, penokohan seperti sebagai ruh. Novel yang yang penokohannya berwatak akan hidupkan narasi tersebut. Dalam kata lain, narasi novel tanpa adannya figur akan cemplang dan mati, karena tidak ada emosi yang dibuat. Penokohan yang bagus jika ada perselisihan dalam narasi tersebut. Adapun trick membuat perselisihan dengan penokohan. Wujud penokohan dipisah jadi banyak hal seperti berikut.

a. Tokoh Protagonis

Figur protagonis ialah figur khusus yang memberikan dukungan jalan cerita dan mempunyai karakter yang bagus. Figur protagonis memerlukan figur simpatisan satu atau 2 orang.

b. Antagonis

Figur antagonis salah satunya figur yang diatur mempunyai karakter jahat untuk pembaca. Ciri-ciri figur antagonis ini dibenci oleh dua figure figur yang melawan personalitasnya.

c. Tritagonis

Figur tritagonis sebagai figur pembantu di antara figur antagonis dan protagonis. Penokohan ini sedikit ditemuni, tetapi kamu dapat coba membuat.

4. Karakter yang Kuat

Langkah menulis novel yang setelah itu watak yang kuat. Dalam pembikinan novel figur watak ialah kunci dari narasi. Hingga Anda harus betul-betul memberinya watak kuat ke sang figur ini. Bikinlah watak yang "kuat" dan "riil". Tidak susah untuk memperoleh watak, Anda dapat cari ide dari watak atau figur di sekitar dan jadikan mereka watak fiksi. Untuk perkuat watak, Anda bisa meningkatkan figur dengan menggambarkannya.

Langkah ini akan menolong pembaca untuk memvisualkan watak dengan menggambarkan performa, perilaku dan pertimbangan beberapa tokoh yang berada di dalam narasi. Saat ia bicara, ungkapkan personalitasnya. Anda harus juga menerangkan secara rounded, komplet dan seperti manusia biasa agar watak makin kuat.

Lukiskan bila dia punyai kemauan, tekad dan ketakutan, emosi, geram, bersedih, ria dan lain yang lain seperti karakter manusia di dunia riil. Bikinlah biografi figur dimulai dari umur, tipe kelamin, makna dari sebuah nama yang diputuskan penulis, keluarga, pengajaran, arah hidup, permasalahan dan halangan, hal yang paling dicintai dan segalanya yang terjadi dalam kehidupan si figur. Disamping itu penamaan figur penting juga untuk sesuaikan dengan figur sang figur.

Sesudah tentukan nama figur, bagus kembali bila Anda deskripsikan fisiknya. Semakin kuat kembali bila memakai mode riil. Dapat rekan, misalkan. Janganlah lupa tamnahkan keunikan sang figur yang unik. Janganlah lupa bikinlah watak yang memorable. Ialah penokohan yang dapat membuat pembaca yakin, jika figur itu ada. Semuanya yang ada pada diri figur itu demikian berkesan untuk pembaca. Yang perlu kembali, janganlah lupa buat figur yang logis. Walau novel cuman narasi fiktif, tetapi pembaca selalu mempunyai rekomendasi ke kehidupan riil.

5. Menentukan Alur

Langkah menulis novel seterusnya dengan tentukan jalur atau plot ceritanya. Jalur atau plot ini penting dipunyai pada novel karena sebagai badan dari novel tersebut. Tentu saja menyaksikan plot yang cantik seperti menyaksikan badan yang cantik dalam sebuah narasi. Badan yang terlau sulit untuk disaksikan kadang membuat plot didalamnya bikin pusing. Ada tiga tipe jalur atau plot dalam novel seperti berikut:

a. Plot maju

Plot ini termudah dan umum dipakai oleh penulis, karena plot ini pasti jalan maju di depan terus. Penulis bisa masukkan kilas balik dalam plot ini, selama tidak memimpin narasi. Karena, bila narasi dikuasai oleh kilas balik, karena itu plot itu bisa beralih menjadi plot mundur atau maju.

b. Plot mundur

Beberapa ciri plot mundur umumnya dengan diawali hasil klimaks di muka. Pembaca dalam masalah ini akan dibikin kebingungan dengan keadaan yang mendadak terjadi. Seakan-akan ending narasi berada di halaman awalnya.

c. Plot maju-mundur

Plot ini umumnya dipakai dalam novel-novel fiksi. Namun, kamu harus mempunyai ketrampilan khusus dan kecermatan tinggi supaya pembaca tidak dibikin pusing dengan narasi didalamnya. Umumnya plot mundur-maju mempunyai persentase plot maju dan mundur sekitaran 50:50.

6. Tentukan Setting yang Menarik

Langkah menulis novel setelah itu tentukan seting yang memikat. Tentukan seting juga memengaruhi jalan cerita. Saat membuat novel, seting dapat berbentuk waktu dan tempat. Waktu dapat terbagi dalam hari, tanggal, siang, malam, minggu, bulan, pagi, sore, tahun, dasawarsa dan sebagainya. Sementara seting tempat bisa berbentuk lokasi seperti kota atau desa; kondisi lingkungan seperti bersih, kotor; situasi seperti ramai, lengang; cuaca seperti panas, dingin, dan sebagainya.

7. Pilih Sudut Pandang

Langkah menulis novel setelah itu pilih pemikiran. Pemikiran seorang penulis dalam menyuguhkan sebuah narasi penting juga. Karena ini nanti akan memengaruhi hasil tulisan. Langkah menulis novel berkaitan dengan penetapan pemikiran dipisah jadi tiga hal, seperti berikut.

a. Orang pertama

Pemikiran orang pertama penempatkan pembaca sebagai figur khusus. Pertanda pemikiran orang pertama memakai "Saya".

b. Orang kedua

Pemikiran orang ke-2 sang pembaca jadi sisi dalam narasi, tetapi bukan sebagai figur saya. Tetapi sebagai figur pengembira yang kelihatan dengan figur "saya".

c. Orang ketiga

Pemikiran orang ke-3 diposisikan jadi orang lain atau pemirsa.

8. Buat Dialog yang Penuh Arti

Langkah menulis novel setelah itu membuat diskusi. Dalam sebuah kreasi novel, diskusi penting diingat. Diskusi yang penuh makna akan menolong pembaca makin mempelajari cerita novel Anda. Walau penting, tetapi tulislah diskusi yang penting-penting saja. Catat diskusi yang ada maksudnya, langsung pada permasalahan, langsung menerangkan. Tidak boleh pilih diskusi yang berputar apa lagi bertele-tela, hasilnya malah cemplang kelak.

9. Klimaks

Langkah menulis novel setelah itu tentukan klimaks. Klimaks ialah pucuk atau titik balik narasi. Dia ialah sisi yang paling menegangkan dari narasi. Klimaks, terjadi saat protagonis pahami apa yang seharusnya dilaksanakan atau mengetahui perlakuan terbaik apa yang semestinya diambil. Kemelut yang mengusik protagonis mewajibkan protagonis ambil perlakuan terbaik yang berbuntut pada perselisihan akhir atau klimaks.

10. Menulis Ending

Langkah menulis novel setelah itu menulis ending yang memikat. Ending ialah penuntasan atas permasalahan. Anda dapat menulis ending yang terbuka atau ending yang tertutup. Ending tertutup ialah akhir narasi yang menunjuk pada penuntasan permasalahan yang telah habis. Sedang ending terbuka ialah ending yang perselisihannya belum seutuhnya usai dan buka kesempatan untuk beragam pengartian dari pembaca.


COMMENTS

Nama

Agung Pribadi,27,Ari Kinoysan Tips,88,Asma Nadia,4,Automation,1,Bahagia,1,Bayi,1,Belajar Menulis,69,blog dedi,1,Bot,1,Buku,2,Business,2,Catatan Hati Seorang Istri,3,Curhatku,16,dedi,1,Dedi Padiku,4,Facebook,1,Film,1,Fitur Terbaru Blogger,1,Full width,4,Gallery,4,Google Plus,10,Hot,23,Iklan,1,Instagram,1,Internet,1,Komentar,3,Live,1,Mario Teguh,1,Marketing,3,mengejar mimpi,22,Mengejar Ngejar Mimpi,3,Motivasi,5,News,2,Republika Online,1,Resonansi Republika Online,20,Rumah Baca Asma Nadia,9,Sinetron,1,Tips Menulis Isa Alamsyah,36,Tutorial Blog,5,Web Apps,1,Website,3,
ltr
item
Dedi Padiku: Tips Menulis Novel Yang Menarik
Tips Menulis Novel Yang Menarik
https://1.bp.blogspot.com/-Uq54Yp6IaUA/YRfuB0thyBI/AAAAAAAAicY/3Ps2ZecO_KkDuliNcmjRSu5QGvyK1F5RwCLcBGAsYHQ/w640-h426/Tips%2BMenulis%2BNovel%2BYang%2BMenarik.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Uq54Yp6IaUA/YRfuB0thyBI/AAAAAAAAicY/3Ps2ZecO_KkDuliNcmjRSu5QGvyK1F5RwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/Tips%2BMenulis%2BNovel%2BYang%2BMenarik.jpg
Dedi Padiku
https://www.dedipadiku.com/2021/08/tips-menulis-novel-yang-menarik.html
https://www.dedipadiku.com/
https://www.dedipadiku.com/
https://www.dedipadiku.com/2021/08/tips-menulis-novel-yang-menarik.html
true
8571116810322177122
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy